Welcome to all passangers! Read carefully, enjoying with my mind!

Selamat datang di blog saya. Apakah anda pernah merasakan manisnya jatuh cinta? Di saat anda merasakan perasaan seperti itulah, anda harus bersiap diri untuk merasakan kepahitannya.

Selasa, 12 September 2017

CPNS 2017

Selamat datang kembali di blog aku! Hore! Setelah sekian lama vacum di dunia per-bloger-an karena harus mempersiapkan pemberkasan untuk mendaftar sebagai calon pegawai negeri sipil, akhirnya dapat bernafas lega. Sebenarnya belum lega-lega banget sih. Pengumuman masih tanggal 20 September mendatang. At least udah ikut tes CPNS. Yeay! Pengalaman pertama banget bisa mengikuti alur gimana sih jadi sosok CPNS itu. Mulai dari pengumuman sampai ikut ujian. Postingan kali ini aku bakal share di sini tentang apa saja yang harus dipersiapkan untuk mendaftar sebagai peserta CPNS 2017. Cekidot... 
 
Kalian para pencari kerja pasti udah tahu kan tentang CPNS? Aku ngga akan membahas apa CPNS itu karena pasti udah pada tahu dengan istilah tersebut. Jadi baru-baru ini CPNS kembali dibuka untuk pertama kalinya di tahun 2017 setelah tidur lelap (baca: moratorium) selama kurang lebih 2 tahun lamanya. Masih sama dengan tahun sebelumnya, pekerjaan ini masih banyak sekali peminatnya.
 
Pada Bulan Agustus lalu, Kemenkumham resmi membuka lowongan pekerjaan CPNS dengan puluhan formasi. Tentunya ini menjadi kabar baik bagi mereka yang ingin menjadi pejuang NIP. Formasi ini tak hanya untuk lulusan sarjana saja, melainkan lulusan SMA atau setingkatnya dan diploma atau setingkatnya.
 
Ada beberapa tahap sampai kalian bisa mengunggah berkas yang ingin dikirim. Untuk tahun ini formatnya menggunakan sistem online, yang artinya semua berkas dikirim lewat web resmi BKN. Terkecuali untuk lulusan diploma dan SMA yang harus mengirimkan berkas melalui surat pos. 
 
Proses membuat akun di SSCN 
Proses kali ini mudah dilakukan dan tidak mengalami masalah seperti server down saat melakukan proses pembuatan akun di SSCN BKN. Syaratnya hanya butuh nomor kartu keluarga, NIK yang ada di KTP. Oh ya satu NIK hanya bisa membuat satu akun ya. Mungkin untuk menghindari akun ganda dan kecurangan calo saat ujian nanti, kali ya. Untuk menghindari kepadatan website, lebih baik upload di pertengahan bulan atau hampir akhir bulan. Tapi jangan dipepet terlalu akhir sebelum deadline. 
 
Upload berkas 
Nah untuk berkas yang harus diunggah meliputi ijazah, transkrip nilai, foto dengan latar belakang merah, KTP, surat pernyataan, dan surat lamaran. Untuk surat pernyataan dan lamarannya udah ada standar format yang bisa kalian unduh di web resmi BKN. Jangan lupa untuk diisi sesuai dengan formasi yang diinginkan, dicetak, tempel materai 6000, dan beri tanda tangan kalian. Setelah itu semua discan ya. 
Scan semua berkas dalam ekstensi jpg. Lalu upload deh. Nah proses upload ini membutuhkan proses yang cukup lama dan menguras hati. Bukan karena server yang bermasalah, tetapi berkas tersebut harus kurang dari 300-500 kb. Kalau berkas kalian masih diatas ukuran tersebut, lebih baik dikecilkan lagi ukurannya sampai ukuran yang sudah ditentukan. 
 
Pengumuman seleksi administrasi 
Sesuai yang dijadwalkan sebelumnya, pengumuman bagi yang lolos seleksi administrasi akan dirilis pada tanggal 5 September. Namun pada kenyataannya ngaret 24 jam dari tanggal yang telah ditentukan. Dari sejuta pelamar hanya 16.000 yang lolos berkas administrasi.
Tips buat kalian yang susah mencari nama di file pdf adalah cukup masukkan nomer pendaftaran yang kalian dapat setelah upload berkas kemarin atau ketikkan nama panjang. Dari pengalaman kemarin aku hanya mengetikkan nama depan dan hasilnya nggak ketemu. Udah sempat hopeless bahkan sampai nangis di dalam kamar karena dikiranya ngga lolos seleksi administrasi. 
 
Server down 
Begitu pengumuman tersebut keluar maka tahap selanjutnya adalah mencetak kartu peserta ujian melalui web BKN dan mencetak kartu informasi ujian di web Kemenkumham. Untuk kartu peserta ujian tidak ada kendala apa-apa. Nah masalah muncul mulai hari berikutnya ketika akan mencetak kartu informasi ujian di web Kemenkumham. Server down seketika karena diserbu sejuta pelamar dalam satu waktu.
Tiga hari berkutat di depan layar komputer demi mendapatkan file yang berisi informasi lokasi ujian. Selama 3 hari tersebut nggak pernah lepas dengan tombol F5. Gagal, gagal, dan gagal. Sampai pada akhirnya para pelamar termasuk aku mulai lelah dengan keadaan seperti ini. Gimana nggak stres, ujian dimulai pada tanggal 11 September tetapi sampai tanggal 9 September banyak peserta yang belum dapat kartu informasi ujian. Okay my feels was like you are not walking alone. Setidaknya ada temannya kalau aku bakal gagal hanya karena nggak bisa dapetin kartu tersebut.
Beruntungnya adalah dua hari sebelum ujian dimulai, pihak panitia mengumumkan dengan membagikan file pdf. More luckily that I got first day test. Aku dapat jatah tes lusa alias hari pertama sesi ke-3. 
 
Ujian Tes Kompetensi Dasar 
Saat ujian pun tiba. Jadi setelah pengumuman jatah ujian tersebut keluar, langkah pertama yang kulakukan adalah mencetak segala persyaratan yang harus dibawa saat ujian besok. Mulai dari cetak kartu peserta ujian, cetak foto terbaru dengan latar belakang merah, mempersiapkan semua berkas dan baju yang wajib dikenakan saat ujian besok.
Karena kebagian sesi ke-3 yaitu pada jam 11.20 maka aku harus berangkat jam 09.00 dimana ketentuannya peserta harus datang 90 menit sebelum ujian mulai. Ujian hari pertama sempat ngaret 60 menit dikarenakan untuk sesi ke-1 sempat mengalami kendala pada komputer yang dipakai untuk tes. Domino effect. Kalau ngaret satu, semuanya bakal ngaret juga. Akhirnya baru bisa masuk ruang ujian 60 menit lebih lambat dari yang dijadwalkan. Namun itu semua tidak mematahkan semangat para pejuang NIP untuk mengerjakan ujian yang menggunakan basis CAT.
Soal terdiri dari 30 TWK, 35 TIU, dan 35 TPK. Nah ini yang dinamakan ujian TKD. Kalau ujian TKB itu berdasarkan bidang masing-masing pelamar. Untuk lolos passing grade tahun ini, pelamar harus mencapai nilai 75 untuk bidang TWK, 80 untuk bidang TIU, dan 143 untuk bidang TKP.
Semisal skor kalian memenuhi nilai passing grade bukan berarti kalian lolos ke tahap berikutnya. Karena akan ada model rank untuk keseluruhan pelamar dari Sabang sampai Merauke. Dan juga misal skor kalian memenuhi nilai passing grade tetapi nilai di salah satu bidang tersebut kurang dari passing grade, maka dipastikan kalian tidak lolos saat itu juga.
 
Buat kalian yang besok bakal ikutan tes SKD semangat belajar ya! Buat yang belum mencapai nilai yang ditentukan, tenang masih ada periode ke-2 yang lebih banyak pilihannya. Apapun hasilnya tetap disyukuri. Belum sekarang, tetapi akan indah pada waktunya. WESSSSSH syangar~
 
Yap cukup sekian tulisan dariku. Semoga dapat bermanfaat buat kalian yang ingin mencoba peruntungan di dunia pekerjaan sebagai CPNS. Semangat buat kita semua. Next posting aku bakal tulis tips n trick menghadapi ujian CPNS. So stay tune, guys!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar