Welcome to all passangers! Read carefully, enjoying with my mind!

Selamat datang di blog saya. Apakah anda pernah merasakan manisnya jatuh cinta? Di saat anda merasakan perasaan seperti itulah, anda harus bersiap diri untuk merasakan kepahitannya.

Kamis, 14 September 2017

Tips n Trick #7 Ujian CPNS

Finally after long moratorium from our Mr. President. Yash I got pass grade for this test. Hai semuanya! Apa kabar kalian? Semoga tetap semangat menjalani hidup ya. Kalian pada ikutan tes CPNS tahun ini nggak sih? Ada yang sudah ujian? Gimana nih hasilnya? Seperti yang sudah diposting sebelumnya, apapun hasilnya tetap disyukuri ya. Oh ya persis janji aku sebelumnya, aku bakal share tips n trick mengerjakan ujian CPNS untuk bidang TKD. Buat kalian yang mau ikutan ujian CPNS yuk ah cekidot.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh4UqBZTvcLPyq76tNoorsPpJxNKzxIWZA7uT-m52zihHV8U_MuWOUAx6yoSVBXhpmcBQnO0aoOzvqATBQ_plhsV1MXqKgJy8Q54OM-SskA-Aka5G8tk_ypjaOD6EEIev4_xNmI6xPnmaLC/s1600/cpns-1.JPG 
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh4UqBZTvcLPyq76tNoorsPpJxNKzxIWZA7uT-m52zihHV8U_MuWOUAx6yoSVBXhpmcBQnO0aoOzvqATBQ_plhsV1MXqKgJy8Q54OM-SskA-Aka5G8tk_ypjaOD6EEIev4_xNmI6xPnmaLC/s1600/cpns-1.JPG

1. Ketahui sistem CAT dan apa saja tes yang akan diujikan
Jadi untuk ujian CPNS akan menggunakan sistem CAT atau computer assisted test. Para peserta ujian CPNS kudu wajib dan harus mengerjakan menggunakan media komputer atau laptop yang sudah disediakan oleh panitia. Waktu yang diberikan untuk mengerjakan 100 soal ujian adalah 90 menit tiap sesinya. Soal terdiri dari TWK 30 soal, TIU 35 soal, dan TKP 35 soal.

2. Usahakan untuk tidak belajar dengan model SKS
Apaan tuh SKS? Bukan satuan kredit semester loh ya, tetapi sistem kebut semalam. Buat kalian yang masih suka belajar dengan model seperti ini sebisa mungkin dihindari ya. Lebih baik belajar dari hari-hari sebelum ujian dimulai.
Ini beneran loh jangan pernah sekali-kali untuk belajar sehari sebelum ujian karena ya emang belajar sekian banyak materi nggak cukup kalau cuma 24 jam. Eh justru malah kurang dari 24 jam, belum kepotong waktu tidur, makan, mandi, buka sosmed, dan lain-lain.

3. Siapkan mental dan fisik
Penting buat kalian yang akan mengikuti ujian CPNS untuk menjaga kesehatan, baik fisik maupun mental. Kalau udah sakit, nggak bisa ikutan ujian otomatis gugur deh. Santai saja jangan dibawa stres. Ikuti alur pengumuman yang dirilis dari panitia, maka kalian bakal tenang sampai hari ujian tiba.

4. Persiapkan barang bawaan yang harus dibawa saat ujian
Nah untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan saat tes. Misal seperti telat datang, kelupaan bawa, salah kostum, dan sebagainya. Lebih baik persiapkan barang bawaan yang harus dibawa saat ujian sehari sebelum ujian dimulai. Persiapkan segala berkas yang harus dibawa. Jangan lupa untuk menaati segala peraturan yang sudah ditentukan oleh panitia. Masalah baju misalnya. Wajib dan harus memakai atasan putih polos, celana/rok kain warna hitam, bagi yang memakai jilbab harus berwarna hitam polos, dan memakai sepatu pantofel hitam.
Ada kasus salah satu peserta yang terpaksa nggak bisa ikutan tes karena salah kostum. Akhirnya dia pinjam temannya, namun karena udah telat masuknya ya gugur saat itu juga. Nah kalau kayak gitu bukan salah panitianya juga kan? Jadi jangan lupa untuk mempersiapkan apa-apa saja yang harus dibawa ya.

5. Minta doa restu orang tua, berdoa, lakukan yang terbaik untuk diri sendiri
Restu dari Allah adalah berdasarkan restu dari orang tua. Ridho dari Allah adalah berdasarkan pada ridho dari orang tua. Murka dari Allah adalah berdasarkan murka dari orang tua. Sebelum pergi tes jangan lupa memohon restu orang tua dan selalu berdoa, lakukan yang terbaik saat mengerjakan soal ujian. Setelah ujian selesai jangan lupa untuk mensyukuri apapun hasilnya.

Cukup sekian postingan tips n trick kali ini. Semoga kalian sukses! Bye...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar