Welcome to all passangers! Read carefully, enjoying with my mind!

Selamat datang di blog saya. Apakah anda pernah merasakan manisnya jatuh cinta? Di saat anda merasakan perasaan seperti itulah, anda harus bersiap diri untuk merasakan kepahitannya.

Rabu, 09 Mei 2018

Tips n Trick #8 Menghadapi Interview Kerja

Kata orang, kalau kita gagal 1000 kali berarti kesuksesan semakin mendekati kita. Semakin banyak kegagalan yang pernah dialami, semakin banyak pelajaran yang bisa dipetik. Apa iya? Apa benar? Hai apa kabar kalian semua? Semoga tetap bahagia dan baik-baik saja ya. Kali ini aku akan membagikan tulisanku yang berkaitan tentang dunia pekerjaan. Aku akan membahas tahapan krusial yang menjadi peran penting apakah kandidat pekerja tersebut diterima atau ditolak. Tulisan ini berdasarkan pengalaman pribadiku yang bahkan seringkali gagal dalam pencarianku menemukan pekerjaan. Yah kegagalan bisa terjadi karena hal sepele. Nah kali ini aku ada tips buat kalian para pencari pekerja yang akan menghadapi wawancara pekerjaan. So check this ouch!

https://cdn.zettamedia.co/trivia/jessicadima/large/2016-11-27-17-06-41-01.forbes.jpg 
Sumber: https://cdn.zettamedia.co/trivia/jessicadima/large/2016-11-27-17-06-41-01.forbes.jpg

1. Persiapkan diri kalian sebaik mungkin
Jika kalian telah mendapatkan jadwal wawancara, segera dicatat ya. Kalau perlu beri tanda dengan spidol warna merah di kalender. Supaya tidak terlewatkan. Siapkan juga pakaian terbaik kalian untuk dipakai di saat wawancara nanti. Gunakan pakaian formal. Jangan menggunakan celana jeans dan kaos, even kaos tersebut ada kerahnya. Dan yang terpenting adalah jaga kondisi badan. Nggak mau kan saat tiba waktunya untuk wawancara malah sakit?

2. Pelajari beberapa materi yang berkaitan dengan perusahaan
Pelajari beberapa kemungkinan pertanyaan yang akan muncul di berbagai wawancara. Biasanya pertanyaan wawancara pekerjaan seputar tentang mendeskripsikan diri pribadi, kelebihan dan kekurangan, dulu kuliah apa, sekarang kerja apa, motivasi bekerja, apa yang diketahui tentang pekerjaan ini, dan sebagainya. Pelajari juga beberapa pengetahuan mengenai perusahaan yang kalian lamar seperti visi dan misi perusahaan, perkembangan perusahaan, sejarah perusahaan. Dengan seperti ini, panelis akan menilai kalian adalah kandidat yang serius untuk melamar pekerjaan di perusahaannya. Nggak yang cuma modal datang, jawab pertanyaan seadanya, selesai, dan pulang.

3. Jangan lupa mandi
Wawancara kudu mandi. Wajib hukumnya. No mercy buat kalian yang suka menyepelekan kebutuhan yang satu ini. Semisal, "Halah pake parfum ntar juga wangi." Beda. Mandi sama pakai parfum beda ya. Kalau mandi tuh dari ujung kepala sampai ujung kaki kesiram air dan bikin kelihatan segar. Kalau kalian cuma modal parfum, badan kalian yang wangi sedangkan mulut masih bau. Biasanya sih aku kalau besokannya wawancara, hari ini bakal mandi plus keramas dua kali sehari.

4. Spare time beberapa menit sebelum jadwal wawancara
Usahakan datang 30-60 menit sebelum wawancara dimulai. Hal ini untuk menghindari kemungkinan hal yang tidak diinginkan saat wawancara. Misalnya saja ban bocor, kehabisan bensin, jalanan macet, mencari alamat perusahaan, mencari ruang wawancara, dan lain sebagainya. Kalian tidak akan menjadi tergesa-gesa, karena biasanya kalau udah tergesa-gesa tuh biasanya bikin deg-degannya nambah. Belum wawancara aja udah deg-degan, gimana pas wawancara nanti? Selain itu, menghindari dari momen telat. Jangan sampai telat ya kalau wawancara. Bisa-bisa nama kalian dicoret cuma gara-gara telat. Sayang banget kan.

5. Berdoa dan minta doa restu kepada orang tua
Berdoa sesaat sebelum memasuki ruang wawancara. Minta restu kepada orang tua saat pamit pergi dan sesaat sebelum wawancara. Kalian bisa telepon, chatting, atau SMS. Karena kemudahan hanya bisa didapat dengan cara kita berdoa dan berusaha.

6.  Masuk ke ruang dengan sopan, santun, dan senyum
Tau nggak yang bikin aku enjoy waktu memasuki sesi wawancara itu apa? Kasih senyuman yang ramah dan bertingkah laku sopan dan santun. Beri senyuman terbaik dari kalian saat memasuki ruang wawancara. Ucapkan salam dan jabat tanganlah panelis yang akan mewawancarai kalian. Jangan duduk sebelum dipersilahkan duduk. Duduklah ketika sudah dipersilahkan. Jangan lupa ucapkan terimakasih dan tetap tersenyum ramah. Buatlah diri kalian berkesan bagi orang lain tanpa mengurangi rasa nyaman kalian di saat sesi wawancara. Semakin kalian enjoy dengan wawancara, semakin jernih pikiran untuk menjawab berbagai pertanyaan yang diajukan. Namun sebaliknya, jika kalian grogi saat wawancara, baik panelis maupun kalian akan merasa tidak nyaman.

7. Ucapkan terimakasih
Setelah wawancara berakhir, jangan lupa untuk mengucapkan rasa terimakasih kalian. Di sini ibaratnya kalian berterimakasih karena telah diberikan kesempatan untuk mengikuti wawancara. Jangan lupa untuk menambahkan beberapa harapan ke depannya setelah wawancara ini berakhir. Jangan lupa juga untuk berjabat tangan dan ucapkan salam perpisahan.

8. Memasrahkan hasil akhir hanya kepada Allah SWT
Usaha tidak akan mengkhianati hasil. Setelah berusaha sekuat tenaga, berusaha semaksimal mungkin, tetap berdoa, berharap, rendah hati, dan pasrah kepada Allah SWT. Tidak ada yang bisa menghalangi ketetapanNya.

Nah itu tadi beberapa tips yang aku rangkum mulai dari persiapan sebelum wawancara, sesaat wawancara, dan sesudah wawancara. Semoga tulisan ini dapat membantu kalian yang sedang mencari pekerjaan, segera mendapatkan pekerjaan yang kalian inginkan. Terimakasih sudah mampir di blog aku. See ya on the next post!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar