Welcome to all passangers! Read carefully, enjoying with my mind!

Selamat datang di blog saya. Apakah anda pernah merasakan manisnya jatuh cinta? Di saat anda merasakan perasaan seperti itulah, anda harus bersiap diri untuk merasakan kepahitannya.

Selasa, 09 Januari 2018

Tribute to Jonghyun

Selamat malam semuanya. Apa kabar kalian? Memasuki hari ke-9 di Bulan Januari ini aku akan memposting tulisan lagi. Kali ini mengenai edisi spesial untuk mengenang kepergian Kim Jonghyun SHINee. Aku tadi juga sempat membaca salah satu portal berita kpop tentang surat yang dituliskan oleh para member mengenai masa depan dan kelanjutan grup yang berada di bawah naungan SM Entertainment, SHINee. Mereka akan tetap melanjutkan kegiatan SHINee termasuk mengadakan world tour tanpa adanya Jonghyun. Apapun keputusan mereka berempat, always support and giving them strength. Nah back to the first topic, postingan hari ini aku menuliskan lima lagu karya Jonghyun pilihan aku.

1. Lonely
Lagu pada urutan pertama yang akan aku bahas adalah Lonely. Pada awalnya aku tidak terlalu mengikuti lagu ini, bahkan aku pun tidak mengetahuinya jika Jonghyun merilis lagu seindah ini. Hanya selintas aku mengetahui jika ia merilis album di tahun 2017. Pertama kali mengetahui dan mendengar lagu ini adalah ketika kabar menyedihkan tersebut diberitakan di media sosial. Berbagai fans, baik fans Jonghyun maupun yang bukan mencantumkan karya dari lead vocal dari SHINee ini dan diikuti dengan tagar #RIPJonghyun.
Berhembus kabar bahwa lagu yang dibawakan duet bersama leader dari Girls Generation atau SNSD, Kim Taeyeon ini, menjadi pertanda atau gejala dari alasan mengapa Jonghyun memilih akhir jalan hidupnya. Tak jauh berbeda dengan konsep music video pada lagu ini, lagu ini benar-benar menceritakan tentang sepasang kekasih yang sedang merasakan kesendirian yang digambarkan oleh Jonghyun. Aku pikir di MV ini bakal muncul sosok Taeyeon bersama Jonghyun, ternyata hanya suaranya saja. Ibaratnya adalah hanya meminjam suara untuk dimasukkan ke dalam MV Lonely ini. Jika pada sebelumnya Jonghyun membawakan lagu dengan tema up beat, kali ini ia berhasil membawakan lagu ballad yang super emotional menguras hati dan perasaan. Kalian bisa menemukan lagu ini pada album Story Op. 2. Album ini menjadikan comeback pertama dan terakhir kalinya bagi Jonghyun di tahun 2017.


We’re together but we’re not walking together
Loneliness and misery, the difference is only one memory
But why do you keep trying to write it as something else?

2. End of The Day
Lagu di urutan kedua adalah End of The Day. Masih bertema ballad seperti lagu pertama, namun lagu ini dirilis dalam album Story Op. 1 pada tahun 2015 lalu. Sama halnya dengan Lonely, lagu ini juga sama-sama memuncaki top chart saat berita mengenai Jonghyun berhembus ke seluruh mancanegara. End of The Day juga dijadikan sebuah lagu yang memiliki pertanda tersendiri akan kepergian dari member SHINee ini. Lagu ini diciptakan dan diaransemen sendiri oleh Jonghyun.
Lagu yang music videonya telah diupload di Youtube dan meraih lebih dari 3 juta penonton ini memceritakan kisah sepasang kekasih (aku nggak tahu ini suami istri atau bukan) yang telah berusaha dan bekerja seharian penuh lalu mereka saling bertemu. Pada akhir video ini mengadegankan sepasang kekasih tersebut saling menguatkan satu sama lain. Lagu ini menjadikan sebuah gambaran apapun sekerasnya hidup, betapa melelahkan hidup setelah bekerja seharian, akan ada harapan di akhir hari yang berat dan melelahkan.


I can’t cry all I want or even laugh all I want
At the end of a tiring day but still, if I’m next to you
Like a child, I can whine and then laugh till I run out of breath
I’m not used to seeing myself like this
You did a good job today, you worked so hard
You are my prize
 
3. So Goodbye
Salah satu OST dari drama Korea yang dibintangi oleh Lee Minho bersama Park Min Young, dan Goo Hara. Yap drama yang dimaksud berjudul City Hunter. Jonghyun mendapatkan kesempatan untuk mengisi soundtrack drama ini. Pembawaan si penyanyi empat oktaf alias Jonghyun dalam menyanyikan lagu So Goodbye ini membuahkan hasil yang baik. Lagu ini sempat menduduki chart di posisi ke-28 pada saat itu. Tak hanya mengisi soundtrack pada drama ini, Jonghyun pun juga sering mengisi berbagai soundtrack drama Korea lainnya seperti Mimi, Oh My Venus, School 2015, Birth of Beauty, Dream of The Emperor, dan masih banyak deretan soundtrack drama lainnya.


So goodbye, to the lonely me who once hide in the dark
I need you
I need your love again

4. Miss you
Lagu berikutnya berjudul Miss You. Lagu ini merupakan projek dari agensi musik terbesar di Korea yaitu SM Entertainment. Pada tahun 2010 SM Entertainment mendebutkan sebuah grup baru bernama SM The Ballad. Tentunya grup ini membawakan lagu-lagu dengan jenis musik ballad. Sampai saat ini SM The Ballad telah merilis dua buah album. Album pertama bertajuk SM The Ballad Vol. 1 Miss You. Dalam album ini terdapat beberapa lagu yang dibawakan oleh Jonghyun bersama dengan penyanyi-penyanyi dari rekan seagensinya seperti Kyuhyun Super Junior, Jay TRAX, dan Jino.
Buat kalian penggemar kpop dari jaman generasi ke-2 pasti nggak asing lagi sama lagu ini. Pasti udah tahu juga tentang empat cowok ganteng bersuara merdu dalam satu frame menyanyikan lagu yang sangat-sangat menyentuh perasaan. Wow banget sih SM buat projek seperti ini. Ibaratnya projek suara emas. Semua penyanyinya yang memiliki jatah lead vocal masuk dalam line up SM The Ballad.


I’m a fool, you know me
My heart’s been ripped apart, but I can only smile
I’ll still be waiting for you till forever
As I will keep hiding my tears
Would you come back to me?

5. A Day Without You
Nah kalau lagu ini masih sama dalam projek dalam SM The Ballad, namun kali ini Jonghyun membawakan lagu A Day Without You bersama rekan seagensinya yaitu Chen EXO. Lagu ini ada pada album kedua dari SM The Ballad yang dirilis pada tahun 2014 lalu. Berbeda dengan lagu sebelumnya yang telah aku bahas, lagu ini sedikit memiliki beat yang cepat.


I can’t believe, Yes it’s true
Because you’re not next to me, everything ends with you
The more I try to escape, the more my days are controlled by you

Yak lima judul lagu author picked sudah dibahas satu per satu. Manakah yang menjadi favorit kalian?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar