Welcome to all passangers! Read carefully, enjoying with my mind!

Selamat datang di blog saya. Apakah anda pernah merasakan manisnya jatuh cinta? Di saat anda merasakan perasaan seperti itulah, anda harus bersiap diri untuk merasakan kepahitannya.

Jumat, 19 Januari 2018

Plus Minus Bekerja dengan Passion

Seharusnya postingan ini ditulis pada siang hari. Namun karena kendala dari laptop yang sudah tidak mampu mengetik dan kesibukan yang tidak dapat ditolerir lagi, aku baru sempat melanjutkan tulisan ini. Hai selamat pagi semuanya. Selamat bekerja di akhir pekan. Pas banget nih cuaca mendukung untuk mager lagi. Hahaha. Walaupun hujan, mendung, dan dingin, tetap harus semangat bekerja dan berkarya. Pada pagi hari ini aku ingin membagikan beberapa pemikiranku mengenai bekerja sesuai passion. Bicara mengenai passion dalam bekerja, tiap orang pasti memiliki passion masing-masing yang dapat diterapkan dalam pekerjaan mereka. Namun, tak jarang orang yang memaksakan diri mereka untuk bekerja di luar passion mereka. Sebagai contohnya adalah Si Budi yang sebenarnya memiliki kegemaran di bidang bisnis dan ia pun ingin mengembangkan usaha tetapi malah bekerja sebagai pegawai kantoran. Sebenarnya apakah passion itu perlu? Kali ini aku bakal membahas mengenai plus minus bekerja sesuai passion menurut apa yang ada dalam benakku.

Sebelum memulai plus minus-nya, aku mau menjelaskan apa itu passion. Passion menurutuku adalah sesuatu atau dorongan yang muncul dari dalam diri kita masing-masing yang membuat kita semangat untuk melakukannya. Selain itu, passion yang ada pada diri masing-masing tidak bisa dipaksa. Artinya, kita mengerjakan dengan senang hati, ikhlas, tidak lelah, dan sebagainya. Rasanya kalau seharian nggak melakukan hal tersebut seperti ada yang kurang. Nah biasanya untuk melakukan pekerjaan sesuai passion ini, nggak jarang loh mengorbankan segalanya untuk mencapai hal itu. Dari passion inilah seseorang dapat menggali bakat dan minat mereka masing-masing. Namun, untuk mencari passion sendiri butuh waktu yang tidak sebentar. Ada mereka yang baru menemukan passionnya sejak SMA, ada pula dari sebagian mereka yang menemukan saat kuliah, ada yang setelah mendapat gelar sarjana, dan tak jarang mereka menemukannya setelah mendapat pekerjaan. Passion itu memang penting, tapi kalian juga harus tahu batasannya.

Plus
- Orang yang bekerja sesuai passion akan membuatnya semangat bekerja terus menerus. Mereka akan bekerja tanpa adanya paksaan, melakukan dengan senang hati, dan tentunya tidak cepat bosan. Sehingga dapat mendatangkan hasil yang baik.
- Bekerja dengan passion cepat membawa kita ke dalam kesuksesan. Dengan pemikiran positif kita terhadap passion, dapat membawa diri kita menjadi pribadi yang sukses dengan cara masing-masing. Kalau orang bule mah bilangnya, you can bring yourself with your own way.
- Hobi jadi kerja, kerja jadi hobi. Setuju banget nih. Melalu hobi kalian yang diterapkan dalam pekerjaan, kalian tidak merasa dituntut untuk melakukan segala hal dari A sampai Z. Kalian juga dapat menjadikannya sebagai ladang pekerjaan. Selain itu, dapat membuka peluang usaha dan membantu pemerintah untuk membuka lapangan pekerjaan baru. Kalian bahkan dapat mengerjakan dua hal sekaligus yaitu hobi dan pekerjaan.
- Baik untuk kesehatan mental dan terhindar dari tekanan dari pihak manapun. Bekerja sesuai dengan passion akan membawa perasaan kalian nyaman, tenang, dan tentu saja bahagia. Untuk kalian yang sudah mengetahui passion masing-masing pasti sudah paham bagaimana mengatasi masalah yang muncul. Selain itu rasa keterpaksaan jarang muncul dalam benak kalian.
- Bekerja sesuai dengan passion menjadikan kalian sebagai pekerja keras, pribadi yang kuat, berpendirian teguh, dan tidak mudah terpengaruh oleh orang lain. Kalian juga akan merasakan bagaimana meraih kesuksesan dari nol. Dari situlah nikmatnya merasakan keberhasilan dari dalam diri kalian.

Minus
- Kalian hanya akan terlena dengan mengejar passion semata. Passion memang penting, namun jika kalian terus mengejarnya kalian akan lupa dengan sekitar. Dari sinilah passion dapat mengubahmu menjadi pribadi yang berambisi, rakus, dan selalu tidak puas. Berhati-hatilah menggunakan passion.
- Mencari passion hanya akan memakan waktu yang lama. Seperti yang sudah aku tulis sebelumnya, ada beberapa yang cepat mendapatkan passionnya tapi ada pula mereka yang terlambat untuk menemukan passionnya. Jangan pernah membuang-buang waktu kalian yang berharga ini hanya untuk mencari passion. Pahami apa yang benar-benar kalian sukai dan kenali dirimu sendiri lebih detail.
- Siapa bilang bekerja sesuai passion menyenangkan? Terkadang mereka yang bekerja sesuai dengan passion juga merasakan kebosanan loh. Menurut kalian adalah passion, namun saat dikerjakan secara berulang-ulang justru mendatangkan kebosanan.
- Realistis lah menghadapi kenyataan dalam mencari pekerjaan. Sakit sih ditolak pekerjaan yang sesuai sama passion kita, tapi ya harus move on agar dapat bersaing dengan yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar