Welcome to all passangers! Read carefully, enjoying with my mind!

Selamat datang di blog saya. Apakah anda pernah merasakan manisnya jatuh cinta? Di saat anda merasakan perasaan seperti itulah, anda harus bersiap diri untuk merasakan kepahitannya.

Sabtu, 01 Desember 2012

Mengenal Bahasa Pemograman

Mungkin masih banyak di antara kita semua yang belum mengetahui apa bahasa pemograman itu. Baiklah kali ini saya akan memposting dan mengulas tentang bahasa pemograman hingga seluk beluk sejarah dan perkembangannya. Bahasa Pemograman atau yang sering kita sebut dengan istilah bahasa komputer ini adalah bahasa yang berisi instruksi-instruksi tertentu yang pastinya dimengerti oleh piranti komputer. Bahasa pemograman ini dapat digunakan untuk membuat sebuah program pada komputer.

Bahasa pemograman sendiri dibagi menjadi 4 kelompok yaitu:
Bahasa Mesin, yaitu memberikan perintah kepada komputer dengan memakai kode bahasa biner, contohnya 01100101100110
Bahasa Tingkat Rendah, atau dikenal dengan istilah bahasa rakitan (bah.Inggris Assembly), yaitu memberikan perintah kepada komputer dengan memakai kode-kode singkat (kode mnemonic), contohnya MOV, SUB, CMP, JMP, JGE, JL, LOOP, dsb.
Bahasa Tingkat Menengah, yaitu bahasa komputer yang memakai campuran instruksi dalam kata-kata bahasa manusia (lihat contoh Bahasa Tingkat Tinggi di bawah) dan instruksi yang bersifat simbolik, contohnya {, }, ?, <<, >>, &&, ||, dsb. Bahasa Tingkat Tinggi, yaitu bahasa komputer yang memakai instruksi berasal dari unsur kata-kata bahasa manusia, contohnya begin, end, if, for, while, and, or, dsb.
Berikut ini adalah contoh-contoh dari bahasa pemograman. 
C++, adalah bahasa pemograman yang dibuat oleh Bjarne Stourstrup. C++ ini merupakan lanjutan dari bahasa C yang dikembangkan oleh Dennis Ritchie pada awal 1970-an.
Java, ini merupakan bahasa pemograman yang dapat digunakan untuk piranti komputer dan telepon genggam sekaligus. Bahasa pemograman yang dikembangkan oleh James Gosling ini mulai muncul pada tahun 1990-an.
Pascal, adalah bahasa pemograman yang dibuat oleh seorang profesor yang bernama Niklaus Wirth pada tahun 1971.
Phyton, dikembangkan oleh Guido van Rossum pada tahun 1990 di CWI, Amsterdam sebagai kelanjutan dari bahasa pemograman ABC.
SQL, kepanjangan dari Structure Query Language adalah sebuah bahasa yang digunakan untuk mengakses data dalam basis data relasional. Bahasa pemograman ini dirancang oleh Donald D Chamberlin dan Raymond F Boyce. SQL ini mulai muncul pada tahun 1974.
Sejarah Perkembangan 
Sebelum 1940 
"Pada tahun ini, bahasa pemograman pertama kali muncul sebelum komputer modern diciptakan. Artinya, bahasa pemograman itu umurnya lebih tua jika dibandingkan dengan komputer itu sendiri. Bahasa pemograman yang digunakan masih berupa bahasa mesin, hanya menggunakan kode 0 dan 1 atau bilangan biner. Bahasa ini tergolong bahasa tingkat rendah." 
Tahun 1940-an 
"Bahasa Assembly (bahasa rakitan) mulai tercipta untuk memberikan kode pada bahasa mesin yang telah ada sebelumnya. Sebagai contoh, ADD merupakan kode untuk menambah, MUL merupakan kode untuk perkalian, SUB merupakan kode untuk pengurangan, dll." 
Tahun 1950-1960 
"Mulai dibuat bahasa pemograman yang lebih mudah dimengerti oleh manusia. Seperti WRITE untuk perintah menulis, READ untuk membaca, dan sebagainya." 
Tahun 1980-an 
"C++ dikombinasikan dengan sistem programming dan berorientasi obyek. Di Jepang dan di tempat lain, penjumlahan luas yang telah di selidiki disebut generasi ke lima bahasa-bahasa yang menyatukan logika pemrograman konstruksi." 
Tahun 1990-an 
"Pada periode ini bahasa selain berorientasi objek juga sudah dikembangkan berbasi Visual sehingga semakin mudah untuk membuat program aplikasi, diawali oleh Python dan Microsoft Visual Basic 1 pada tahun 1991." 
Tahun 2000 hingga sekarang 
"Periode ini juga merupakan jamannya CMS (Content Manajemen System), lompatan pengembangan PHP Script begitu cepat, dimana untuk membuat website atau portal telah tersedia banyak template, Banyak modul-modul yang siap pakai sehingga programmer atau webmaster tidak perlu lagi mempelajari semua script html dan bahasanya, tinggal merangkai modul yang tersedia sehingga dalam beberapa hari saja sebuah web sudah dapat dibuat."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar