Welcome to all passangers! Read carefully, enjoying with my mind!

Selamat datang di blog saya. Apakah anda pernah merasakan manisnya jatuh cinta? Di saat anda merasakan perasaan seperti itulah, anda harus bersiap diri untuk merasakan kepahitannya.

Senin, 18 Juni 2018

Tips n Trick #9 Menghemat Ala Aku

Halo kalian semuanya! Apa kabar? Semoga tetap yang baik-baik saja ya. Selamat lebaran. Selamat liburan juga. Selamat berkumpul bersama keluarga. Salam hangatku buat keluarga kalian. Sok kenal banget sih. Hahahaha. Siapa yang lebaran kali ini masih dapat uang THR dari pakde, bude, om, tantenya? Ngacung! Aku dong. Aku masih dapat jatah itu hehe. Dari keluarga bapak, siapa yang belum menikah masih dapat jatah dong. Seneng tapi malu sih. Udah gede tapi masih dikasih aja. Tapi di sisi lain apakah ini adalah bentuk halus dari, "Cepetan sih nikah, biar kita-kita kagak ngasih ke kamu" Who knows. Setelah lebaran banyak kan di antara kalian yang dapat uang tambahan. Nah pas banget momennya. Aku bakal share tips n trick cara menabung efektif ala aku. Welcome back again tips n trick #9!!!

https://www.usnews.com/dims4/USNEWS/3745ddf/2147483647/crop/1200x800%2B0%2B0/resize/970x647/quality/85/?url=http%3A%2F%2Fmedia.beam.usnews.com%2Fcf%2F26%2F172bb6644385a25506e39411a012%2F160229-savingsjars-stock.jpg
 Sumber: https://www.usnews.com/dims4/USNEWS/3745ddf/2147483647/crop/1200x800%2B0%2B0/resize/970x647/quality/85/?url=http%3A%2F%2Fmedia.beam.usnews.com%2Fcf%2F26%2F172bb6644385a25506e39411a012%2F160229-savingsjars-stock.jpg

1. Bawa bekal dari rumah
Menurutku ini berlaku buat kalian yang punya aktifitas di luar rumah dari pagi sampai sore. Nggak cuma anak sekolahan doang sih yang sering dibawain bekal sama ibunya. Untuk menghemat pengeluran, kalian bisa loh menerapkan hal ini. Mempersiapkan bekal makan siang dari rumah. Dulu dari jaman sekolah sering banget dibawain bekal sama ibu. Terus udah kuliah udah jarang buat bawa bekal sendiri. Soalnya udah nggak sempat gitu. Kerasa banget borosnya jaman kuliah kayak gimana. Pengen makan ini itu, pengen jajan ini itu, belum lagi uang buat print fotocopy tugas, dan sebagainya. Terus buat kita yang ngekost gimana? Buat dari kost hehe. Kalian bisa kok patungan sama temen satu kost buat beli bahan untuk dibuat makan siang. Ribet dong. Ya itu kembali ke diri kalian lagi. Mau menghemat atau tidak.
Kebiasaan untuk membawa bekal makan siang aku terapkan lagi saat bekerja. Berhubung tempat kerja tidak menyediakan makanan, aku memutuskan untuk membawa bekal sendiri. Lumayan ngirit loh.

2. Sedia air mineral
Jangan lupakan peran air mineral. Selain untuk menyegarkan badan, air mineral juga bagus untuk kesehatan. Harganya juga ekonomis loh. Itung-itung mengurangi kadar gula juga. Sering kan, makan manis udah mengandung gula ditambah minum teh yang udah ada gulanya. Dan makanan atau minuman manis ini biasanya cukup berharga juga. Karena biasanya yang bikin mahal adalah gula. Hehehe.
Sesuai dengan pengalamanku. Suatu ketika makan siang di warung makan dekat kampus. Aku pernah membeli segelas es teh manis seharga 5000 sedangkan temanku yang hanya minum air putih dan itu pun gratis. Can you see, Rp 5000 vs Rp 0? Untuk bisa lebih menghemat pengeluaran, kalian bisa membawa air mineral sendiri dari rumah.

3. Puasa senin kamis
Buat kalian yang muslim, bisa kok dicoba metode ini. Malah dapat dobel-dobel keuntungannya. Kalian bisa dapat pahala dari ibadah sunnah tersebut sekaligus menghemat biaya pengeluaran makan. Misalkan senin-kamis dalam sebulan ada 8 hari. Udah ada berapa biaya yang dihemat untuk jatah makan kalian. Lumayan kan?

4. Prioritaskan kebutuhan daripada keinginan
Nah biasanya kalian yang udah dapat jatah bulanan dari orang tua atau gaji dari perusahaan sering kan kalap sama duitnya? Untuk menjaga uang tersebut dari habis di akhir bulan, kalian harus memprioritaskan apa-apa saja yang harus dibayarkan untuk sebulan kedepan menggunakan uang tersebut. Sisihkan gaji menjadi 3 bagian. Bagian satu, untuk hal yang wajib. Hal wajib itu bisa berupa uang kost bulanan, uang makan, uang transportasi, uang listrik air internet, dan sebagainya. Bagian dua, untuk hal yang sifatnya penghiburan. Misalnya kayak nonton film, main, beli baju baru, hangout bareng temen, dan lain-lain. Sisanya adalah bagian tiga. Disimpan.

5. Jangan sepelekan uang kecil
Penting banget nih. Uang kembalian yang kalian dapatkan dari pasar, toko swalayan, atau apapun itu, yang nominalnya kecil (mulai dari 100-2000) harap untuk ditabung sendiri. Kalian bisa pakai kaleng ataupun wadah apapun bentuknya untuk menyimpan koin-koin kecil seperti ini. Di saat kalian butuh untuk fotocopy, beli sayur di pasar, bayar parkiran, kalian bisa pakai uang ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar