Welcome to all passangers! Read carefully, enjoying with my mind!

Selamat datang di blog saya. Apakah anda pernah merasakan manisnya jatuh cinta? Di saat anda merasakan perasaan seperti itulah, anda harus bersiap diri untuk merasakan kepahitannya.

Selasa, 22 November 2016

Tips n Trick #2 Menjadi Penulis Freelance

Bagi sebagian orang pasti memiliki hobi masing-masing. Hobi yang dikelola dengan baik dan benar akan membuahkan hasil yang bermanfaat, baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Ada banyak hobi yang bisa dijadikan ladang bisnis. Salah satunya adalah hobi menulis. Nah berikut adalah tips untuk memulai menjadi penulis freelance.

https://ferret.akamaized.net/images/58d61cbf7f58a864b1000969/normal.jpg?1490427071
Sumber: https://ferret.akamaized.net/images/58d61cbf7f58a864b1000969/normal.jpg?1490427071

1. Pastikan salah satu passionmu adalah menulis
Tidak masalah bagi kamu yang memiliki hobi selain menulis untuk memulai sebagai penulis freelance pemula. Asalkan dalam dirimu memiliki passion tentang menulis. Hal ini dikarenakan menulis bukan ditujukan untuk diri sendiri saja, melainkan dapat dibagikan untuk semua orang.

2. Tentukan tema apa yang ingin kamu angkat pada tulisanmu
Dalam hal ini perlu diketahui sebelumnya agar tulisan kamu tidak keluar dari tema yang ingin kamu dalami. Misal kamu ingin tulisanmu menggunakan tema musik, kamu bisa mempersempit lagi menjadi musik barat, musik Indonesia, ataupun musik K-pop dan J-pop. Selain itu, dengan adanya spesifikasi tema dalam menulis dapat membantu penulis lebih fokus untuk membuat tulisan lebih berbobot.

3. Gunakan bahasa yang baik
Gunakan bahasa yang nyaman dibaca oleh pembaca. Ingat, penulis mengharapkan tulisan mereka untuk bisa dibaca dan dapat memberikan informasi yang menarik. Hindari penggunaan bahasa yang terlalu berbelit-belit. Tidak semua pembaca ingin membaca keseluruhan isi dari tulisan, tetapi ada pula yang ingin menangkap kesimpulan dari setiap poin tulisan. Terlebih, hindari menulis konten yang berbau SARA.

4. Perbanyak latihan menulis dan percaya dirilah
Kamu merasa tulisanmu masih berantakan? Cobalah untuk menulis setiap hari. Luangkanlah waktumu setidaknya 2-4 jam untuk menulis beberapa artikel. Kamu tidak perlu menulis artikel yang memiliki konten berat dan tulisan yang panjang. Bahkan kamu dapat memulai menulis dengan hal sederhana, misalnya mereview buku atau film yang telah kamu lihat. Latihan menulis ini dapat meningkatkan kualitas tulisanmu. Percaya dirilah ketika kamu merasa tulisanmu layak untuk dipublikasikan. Jangan putus asa ketika kamu mendapat kritikan mengenai tanda baca, kesalahan penulisan, dan bahasa yang digunakan. Kamu bisa memperbaikinya lagi karena itu adalah tulisanmu sendiri.

5. “Jual diri”-mu sebagai penulis freelance di sebuah forum
Setelah kamu merasa nyaman dengan passionmu sebagai penulis lepas, cobalah untuk “jual diri”-mu. Maksudnya adalah menjual tulisanmu pada forum yang mencari jasa para penulis freelance.

Nah itu tadi tips menjadi penulis freelance. Dari sekedar hobi menulis sampai menghasilkan bisnis. Apakah ada teman-teman yang tertarik untuk menjajalnya?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar