Welcome to all passangers! Read carefully, enjoying with my mind!

Selamat datang di blog saya. Apakah anda pernah merasakan manisnya jatuh cinta? Di saat anda merasakan perasaan seperti itulah, anda harus bersiap diri untuk merasakan kepahitannya.

Sabtu, 15 Juli 2017

Tips n Trick #6 Make Your Own Library

Selamat pagi semuanya! Happy weekend. Apa kabar? Hai! Halo! Mumpung punya sedikit waktu untuk kembali menulis di blog, aku mau berbagi tips n trick yang kelima ini. Sebelumnya cerita sedikit ya. Jadi akhir-akhir ini lagi hobi banget koleksi buku novel. Pertama kali mengoleksi buku novel dimulai pada tahun 2013 dan sempat berhenti di tahun 2014 karena harus membagi waktu dengan responsi lab dan tugas kuliah. Biasa lah tipikal anak mahasiswa gitu. Kemudian kurang lebih dua tahun nggak peduli lagi sama buku novel yang sempat dibeli sampai suatu hari ada niatan buat dijual lagi. Lanjut di tahun 2016 kemarin mencoba kembali untuk mengembalikan passion mengoleksi buku novel. Akhirnya dari Bulan Agustus tahun lalu sampai sekarang udah lumayan lah buat koleksi buku novel. Nah berhubung bahasan aku mengenai buku, aku bakal share tips n trick buat kalian yang pengen punya perpustakaan pribadi. So check this out!

https://i.pinimg.com/originals/ca/4f/cc/ca4fcc4bf48bf11bfd29044e2e7f8aa8.jpg 
Sumber: https://i.pinimg.com/originals/ca/4f/cc/ca4fcc4bf48bf11bfd29044e2e7f8aa8.jpg

1. Tentukan tema perpustakaan yang akan kalian buat
Sebelum mendirikan perpustakaan pribadi, alangkah baiknya kalian memikirkan dan menentukan tema perpustakaan idaman. Misal kalian menyukai novel Asia yang meskipun alur ceritanya berbelit tapi nggak kalah seru dengan novel dari barat. Kalian bisa tuh searching terlebih dahulu buku-buku yang termasuk dengan kategori yang sesuai tema kalian.

2. Mulai mencari buku yang sesuai dengan tema
Kalau kalian udah browsing minimal berisi informasai judul buku, pengarang, dan penerbit, cus pergi ke toko buku terdekat. Di jaman sekarang yang apa-apa serba pakai sosial media, kalian juga bisa memanfaatkan media sosial untuk membeli buku yang akan menjadi bahan koleksi kalian nanti. Jangan sungkan-sungkan untuk menanyakan stock buku kepada mas-mas atau mbak-mbak yang suka ngerapiin buku di toko buku ya. Kalaupun dicari-cari tetep nggak ketemu, kalian bisa coba tips berikutnya.

3. Rajin-rajinlah untuk mencari peluang murah dari buku bekas
Bingung mau cari buku lama selain di lapak buku bekas? Kalau yang ini nggak harus pergi ke lapak buku bekas atau toko buku. Kalian bisa kok beli buku novel bekas atau preloved yang dijual di toko online ataupun sosial media. Cukup pesan, transfer, paketan buku datang ke tujuan. Selain murah, kualitas buku bekas nggak terlalu buruk untuk dibaca loh. Bahkan kalian bisa sekalian cari novel yang udah langka atau udah tidak diterbitkan lagi dari penerbit.

4. Pertimbangkan keaslian buku
Ini penting banget nih. Hargai karya orang lain dengan membeli produk aslinya. Kayaknya jargon tersebut nggak cuma ditujukan untuk karya buku saja, karya yang diciptakan oleh orang sekalipun harus kita hargai sekecil apapun bentuknya. Tapi... tapi... tapi... Buat kalian yang jeli, terkadang kelihatan kok mana yang asli mana yang KW super. Ya harga murah sih, tapi mau ngasih nilai kecil untuk usaha orang lain?

5. Pelan tapi pasti
Aku tahu pasti ini alasan klasik. Boros. Emang sih kalau udah kalap buku gitu sering boros. Tahu-tahu udah habis uang senilai sekian. Nggak apa-apa. Wajar kok. Saran aku buat kalian yang emang benar-benar pengen punya perpustakaan pribadi adalah lakukan dengan pelan-pelan aja. Dimulai dari satu buku, dua buku, tiga buku, sampai nanti terkumpul menjadi satu rak buku. Oh ya ada tips lain nih, kalian juga bisa ikutan giveaway yang biasa diadakan oleh para pecinta buku. Lumayan kan dapat buku gratis.

6. Jangan lupa untuk dibaca
Buku dibeli buat dibaca. Pengarang membuat buku ya emang karena si buku udah ditakdirkan untuk dibaca oleh pembaca.

Nah itu tadi ringkasan tips n trick dari aku mengenai gimana sih caranya memulai untuk mendirikan perpustakaan pribadi. Oh ya jangan lupa buat ngerawat buku yang udah kalian beli ya! Next posting aku bakal nulis tentang cara merawat buku.

Addition. Minggu lalu aku nemu website yang jualan buku gitu. Nah setelah dilihat-lihat lebih detail ternyata mereka menggratiskan ongkos kirim ke seluruh dunia. Masa sih? Kalau kalian penasaran dan barangkali pengen beli di situ, kalian bisa mengunjungi di website ini https://www.bookdepository.com/. Setelah itu kalian bisa komen di bawah ini ya. Soalnya aku belum pernah coba order di situ hehehe.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar