Welcome to all passangers! Read carefully, enjoying with my mind!

Selamat datang di blog saya. Apakah anda pernah merasakan manisnya jatuh cinta? Di saat anda merasakan perasaan seperti itulah, anda harus bersiap diri untuk merasakan kepahitannya.

Minggu, 15 Januari 2017

Tips n Trick #3 Ngerjain Skripsi

Halo... Selamat siang pemirsa. Gimana kabar? Sehat kan? Skripsi? Masih jalan terus lah ya. Hari ini aku ada dua pengumuman. Pengumumannya tentang nasib dari blog ini sih. Pertama adalah setelah dipikir masak-masak sampai gosong, aku bakal ngadain postingan yang isinya tips n trick dan QnA. Pengumuman keduanya adalah kali ini merupakan postingan Tips n Trick pertama di tahun 2017. Sebenarnya konten dengan tema Tips n Trick yang pertama aku tulis tuh judulnya yang ini nih. Sesuai dengan resolusi yang udah dibuat di awal tahun aku bakal rajin ngepost artikel gitu. Bakal rajin. Kalau nggak males. Wkwkwkwk.
Udah ah pengumumannya sekarang giliran bahas tentang Tips n Trick #2 Ngerjain Skripsi. Sempet baca-baca postingan tahun lalu, terus baca di bagian ini ternyata pernah janji kalau next posting bakal ngasih tipsnya ngerjain skripsi. Daripada janji-janji dan cuma membusuk, lebih baik terlambat ngeposting hehehehe. Ingat! Kalau kebanyakan janji udah kayak pejabat di sono tuh. Langsung aja deh tips n trick dari aku. Cekidot....

https://img.okezone.com/content/2016/03/07/65/1329761/sudah-saatnya-skripsi-berbentuk-soft-copy-JwPr349KcL.jpg 
Sumber: https://img.okezone.com/content/2016/03/07/65/1329761/sudah-saatnya-skripsi-berbentuk-soft-copy-JwPr349KcL.jpg

1. Buat judul skripsi sesuai dengan minat kalian
Kalau kalian suka sama satu topik dan topik tersebut bisa masuk dalam kategori minat kalian, maka bersyukurlah karena kalian akan dipermudah ke depannya dalam mengerjakan skripsi. Banyak kan yang ngeluh, "Aduh kok aku nggak dapat judul ya", "Kok susah banget sih ngajuin judulnya", "Nyebelin banget nih abis ditolak terus judulnya", faktornya karena kualitas skripsi yang terlalu ketinggian dan terkadang kalian nggak paham teorinya. Hasilnya bukannya cepet kelar tapi malah nggak tahu kelarnya kapan. Jadi pastikan  sebelum ngajuin judul skripsi kalian cari tema skripsi sesuai dengan minat dan tentunya harus paham teorinya.

2. Buat agenda progress skripsi tiap bulan
Setelah judul udah diterima sama dosen pembimbing, kalian jangan seneng dulu. Kalian harus buat agenda progres per bab tiap bulannya. Misal bulan ke-1 kalian udah harus kelarin bab 1, bulan ke-2 udah harus kelarin bab 2, bulan ke-3 udah harus kelarin bab 3, bulan ke-4 udah harus kelarin bab 4, dan seterusnya. Atau kalian bisa pakai model presentase. Bulan ke-1 kelar 20%, bulan ke-2 kelar 45%, bulan ke-3 kelar 60%, dan seterusnya. Dengan cara seperti itu, insyaallah skripsi bakal sesuai target.

3. Tiap seminggu sekali pastikan facetime bareng dosen pembimbing
Facetime kali ini bukan yang dipake buat video call yah, tapi facetime yang ini adalah tatap muka atau bertemu langsung dengan dosen pembimbing. Kelihatannya sih butuh perjuangan banget buat ketemu dosen pembimbing. Belum lagi kalau dosen sedang rapat, dosen ke luar negeri, dosen cuti, dan sebagainya. Ya tapi itulah perjuangan mahasiswa akhir. Nungguin dosen demi konsultasi skripsi. Dan juga konsultasi rutin kayak gini bakal ngebantu kalian buat tahap berikutnya. Maksudnya tuh kalau kalian udah nulis terlalu jauh ternyata dosen berkehendak lain, mau nggak mau harus ngulang lagi kan? Itung-itung buat silaturahmi sama dosen pembimbing.

4. Jangan lupa sisihkan waktu buat istirahat
Pas lagi semangat-semangatnya ngerjain skripsi eh tiba-tiba mentok banget mau nulis apaan. Kadang ngerasa gitu nggak sih? Atau kasus lainnya nggak ada mood buat ngerjain skripsi alias males ah ngerjain skripsi. Pernah kan? Dulu aku juga pernah kok. Udah buntu nggak tahu mau dikemanain lagi skripsinya akhirnya jalan keluarnya adalah keluar dari kamar, ambil motor, keliling Jogja, main bareng temen. Seketika pikiran buntu tadi lenyap begitu saja. Malah setelah jalan-jalan, hangout, makan di luar, kalian bisa dapat inspirasi loh. Kalau cara aku ngerjain skripsi udah kayak jam kerja orang kantoran. Senin - Jumat dari jam 9 pagi sampai 4 sore. Kalau siang-siang capek ya tidur bentar buat istirahat, cari makan siang. Baru deh weekendnya pergi main kemana gitu.

5. Cari tempat yang nyaman buat ngerjain skripsi
Kalian bisa ngerjain di kost, rumah, warnet, kafe, burjonan, sampai perpustakaan kampus. Bebas kalian pilih dimana. Asal nyaman buat kalian ngerjain skripsi. Aku sih lebih prefer ngerjain di perpustakaan kampus. Soalnya adem, wifinya kenceng, bisa buat tiduran, nggak berisik, bisa bawa makan secara diam-diam (jangan ditiru yang ini), kalau butuh referensi tinggal cari bukunya deh. Ngerjain di perpustakaan emang the best deh, nggak bisa diganggu gugat.

6. Jangan lupa mandi!
Kalau nggak mandi ntar bau. Apalagi kalau mau ketemu sama dosen pembimbing. Wajib mandi dulu ya!!! Biar pembimbing kalian nggak gampang marah-marah. Takutnya kalian bau terus dosen pembimbing jadi ikutan emosi, kan repot.

7. Set target pendadaran
Skripsi udah jalan 75% giliran persiapan buat target pendadaran. Cari jadwal pendadaran yang sekiranya pas sama kesiapan kalian. Biasanya dosen pembimbing juga bakal nyuruh cepet-cepet buat daftar pendadaran. Tapi nggak mesti nunggu 75% juga sih, kalian bisa buat target sejak awal nulis skripsi kok.

8. Beri self-reward untuk kalian pasca pendadaran
Di saat yang mendebarkan tiba. Jadwal pendadaran udah keluar, kalian kudu siap mental dan fisik untuk menghadapi pertanyaan dari berbagai dosen sebagai bentuk pertanggungjawaban dari skripsi yang kalian buat. Emang bikin deg-degan sih, tapi kalau kalian yakin bisa jawab dan kalian ngerjainnya bener-bener serius, pasti bakal lulus juga. Jangan lupa setelah dinyatakan lulus beri self-reward buat kalian. Luangkan beberapa hari sebelum kembali mengerjakan revisi. Kelar deh skripsi kalian.

Nah segitu aja tips n trick dari aku. Buat siapapun yang sedang berjuang pada tahapan ini, semangat ya!!! Jangan pernah putus asa. Namanya juga skripsi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar