Welcome to all passangers! Read carefully, enjoying with my mind!

Selamat datang di blog saya. Apakah anda pernah merasakan manisnya jatuh cinta? Di saat anda merasakan perasaan seperti itulah, anda harus bersiap diri untuk merasakan kepahitannya.

Kamis, 02 Juli 2015

Tes Topik 2015

Halo apa kabar? Gimana nih kalian puasanya masih kuat kan? Hari ini aku mau ngeshare pada kalian semua mengenai pengalaman tes TOPIK. Tapi sebelumnya aku akan menjelaskan apa itu tes TOPIK. Tes TOPIK merupakan tes kemampuan bahasa Korea (Test of Proficiency in Korean / 한국어능력시험). Tes ini dibagi menjadi dua macam yaitu TOPIK I beginner dan TOPIK II advanced. TOPIK I masih dipecah lagi menjadi level 1 dan level 2, sedangkan TOPIK II dipecah menjadi level 3, level 4, level 5, dan level 6. Harus diingat TOPIK berbeda dengan EPS-TOPIK. TOPIK ini nanti dapat digunakan untuk mengajukan beasiswa di Korea, sedangkan EPS-TOPIK biasanya digunakan untuk para tenaga kerja yang ingin mencoba peruntungannya bekerja di Korea. Untuk informasi lebih lengkap, kalian bisa cek di www.topik.go.kr

Ujian TOPIK dilakukan di tiga daerah yaitu Jakarta, Yogyakarta, dan Bali. Waktu ujiannya pagi untuk TOPIK I dan siang untuk TOPIK II. Kemarin aku mendaftar di kantor jurusan Bahasa Korea FIB UGM. Untuk mendaftar jangan lupa bawa fotocopy KTP, foto 3x4, dan biaya pendaftaran.

Gampang kok, buat yang mau daftar TOPIK datang aja ke tempat yang udah ditunjuk oleh panitia. Kalau aku ambil tempat tes di Yogyakarta. Bawa syarat pendaftaran, daftar ke jurusan Bahasa dan Sastra Korea FIB UGM. Nanti bakal dikasih formulir yang tulisannya pake hangul. Oh ya untuk pengisiannya juga harus memakai hangul ya. Setelah mendaftar kalian akan diberi semacam kuitansi yang wajib disimpan karena harus dibawa untuk menukarkan kartu ujian saat tes berlangsung nanti. Jadi jangan sampai hilang ya. Cari amannya taruh saja di dompet atau di tempat yang mudah diingat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar