Welcome to all passangers! Read carefully, enjoying with my mind!

Selamat datang di blog saya. Apakah anda pernah merasakan manisnya jatuh cinta? Di saat anda merasakan perasaan seperti itulah, anda harus bersiap diri untuk merasakan kepahitannya.

Rabu, 22 Juli 2015

QnA #1 When I was in South Korea

Oke back again with me, mumumasyitha! Halo aku mau cerita dulu nih. Akhir-akhir ini banyak banget yang nanyain ke aku tentang perjalanan super singkat ke korea tahun lalu. Lebih tepatnya kok bisa ke Korea. Ya walaupun nggak begitu banyak sih sebenarnya. Jadi sebulan yang lalu ada yang tanya-tanya gimana bisa ke Korea. Caranya bisa sampai Korea, kok tiba-tiba bisa ke Korea, ke Korea dalam rangka apa. Baiklah aku jawab di blog ini ya. Oh ya hampir kelupaan. Mumpung masih di bulan Syawal, saya selaku pemilik blog absurd ini mengucapkan SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1436H MOHON MAAF LAHIR BATIN. INSYAALLAH SIAP DINAFKAHIN LAHIR DAN BATIN.

Q. Kok bisa ke Korea sih?
A. Iya, ke Korea ikut program culture exchange tapi cuma bentaran makanya sampai sekarang masih susah move on + baperan kalau denger korea-koreaan.

Q. Acara apaan sih emangnya? Bayar?
A. Exchange tapi masalah budaya bukan pelajar. Iya lah bayar, ya kali ke Korea gratis. Ada sih kalau gratis ikutan KGSP aja, setauku itu beasiswa full gratis loh. Hehehehe.

Q. Ke Korea sendirian atau sama temennya?
A. Sama temen, 8 orang.

Q. Di sana ngapain aja?
A. Jadi pertama mendarat ke Busan terus move ke Seoul pake KTX langsung cari guest house buat istirahat. Keesokannya langsung tancap ke Kyunghee. Di sana ngepromosiin budaya Indonesia sama  ketemu temen baru. Lumayan lah buat nambah temen dari luar. Terus sorenya move lagi ke rumah tradisional hanok, nginep disana sehari. Keesokannya lagi ke kantor KBRI Seoul terus jalan-jalan ke Insadong makan siang ala-ala koreaan. Sorenya kemudian pindah lagi ke Chungmuro. Di sana pernah ada tragedi bakar-bakaran. Malemnya jalan-jalan ke Myeongdong. Paginya kemudian city tour ke Namsan tower tapi cuma bentaran soalnya siangnya udah harus ke terminal buat perjalanan ke Busan. Dari siang sampai sore akhirnya sampai juga di Busan. Cari guest house yang nyaman. Ada guidenya baik banget namanya Ms Shin Ju Myeong terus ada penjaga guest house juga ganteng namanya Sung Kyu. Keesokannya masih city tour lagi ke Busan tower, Nampodong, Haeundae terus balik lagi deh ke guest house. Malamnya ditawari cooking experience. Masak-masak bareng, masak ttoppoki pake odeng. Seriusan odeng enak banget! Udah deh ya cuma gitu-gitu aja.

Q. First impression di Korea dong.
A. Jujur ya sepulang dari Korea, jadi sering ngegalau wkwkwk. Kenapa? Soalnya di sana beda banget sama di sini. Di sana bersih banget, aku suka sama sistem transportasinya mereka. Teratur. Pejalan kaki sangat dihormati, beda banget di sini. Oh ya pas kesana juga pas musim hujan gitu jadi ya adem-adem gitu lah. Aku malah jadi pengen ambil S2 di sana.

Q. Aku jadi pengen ke Korea nih. Kasih tipsnya dong.
A. Nih ya aku kasih tips buat yang pengen ke Korea tapi khusus program jangka pendek. Pertama rajin-rajin cari program kayak begituan di internet. Kalau kalian rajin nyarinya mesti bakal dapat kok nanti. Kedua usaha. Ke Korea emang butuh duit banyak tapi seenggaknya usaha dikit nyari biaya bantuan. Dulu aku pernah coba masukin ke kampus tapi cuma dapat sedikit banget. Nggak bisa nutup seutuhnya sih tapi seenggaknya usaha dulu lah. Ketiga jangan lupa kasih tau ke orang tua kalau niat kita emang mau pergi kesana. Keempat berdoa aja semoga dapat bantuan dari Yang Maha Kuasa biar dipermudah kesananya.

Q. Di Korea ketemu artisnya sana nggak?
A. Nggak dan itu kayaknya mustahil. Emang sih waktu itu satu daerah sama artis-artis lokal tapi nggak bisa ketemu.

Q. Tiket pesawat Jakarta-Seoul berapaan ya sekarang?
A. Aduh aku bukan agen tiket pesawat. Tanya aja ke agennya langsung atau kalau nggak buka aja di websitenya maskapai penerbangan. Tergantung juga sih, tapi kalau kemarin Juni 2014 PP sekitar 7-8 jutaan itu dari Solo-Kuala Lumpur-Busan.

Q. Cari makanan halal susah apa gampang?
A. Common ask banget ya yang ini. Susah, kalaupun ada yang halal aku juga masih ragu-ragu sama peralatan masaknya. Bisa jadi kan misal pesen nasi goreng tapi masaknya pake bekas wajan buat tumis pake kaldu babi. Oh ya aku juga baru di kasih tau sama temenku yang habis ke Korea, katanya sih banana uyu itu juga nggak halal soalnya mengandung gelatin. Padahal banana uyu itu enak pake banget!

Q. Beli provider di Korea ya? Kok tiap saat tiap waktu bisa update terus.
A. Nggak kok, nggak sempet beli begituan. Aku cuma nebeng free wifi doang sih.

Q. Doain ya aku bisa ke Korea kayak kakak.
A. Amin~~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar